Aplikasi streaming Musik Selain Spotify, Apple Music, Youtube

Resso, Aplikasi streaming Musik Selain Spotify, Apple Music, Youtube

Perusahaan induk aplikasi TikTok, Bytedance, sekarang memperlebar sayapnya ke service aplikasi streaming musik. Bytedance mengujicoba aplikasi bernama Resso di dua negara, diantaranya di Indonesia. Aplikasi ini sama dengan Spotify, Joox, atau aplikasi streaming musik yang lain. Pemakai dapat dengarkan lagu-lagu favort mereka lewat aplikasi ini dengan online.

Tetapi ada feature yang memperbedakan Resso dengan Spotify atau aplikasi streaming musik yang lain. Saat lagu diputar, Resso akan tampilkan lirik lagu yang berguling dengan automatis. Pemakai juga dapat membubuhkan komentar atau memberikan “like” pada lagu itu, seperti dengan aplikasi TikTok. Tidak itu saja, pemakai bebas untuk memberikan tambahan photo, video, atau GIF mereka sendiri waktu lagu itu diputar. “Resso sekarang sedang dalam step pengujian beta,” kata perwakilan Resso.

“Kami optimistis mengenai potensial periode panjangnya, tetapi kami masih awal dalam proses ini serta cuma berada di beberapa pasar berkembang yang terbatas,” lanjut mereka. Semenjak awal, Resso memang membidik pasar negera berkembang. Oleh oleh karena itu Indonesia serta India diambil untuk eksperimen. Manager Analisa serta Taktik instansi analisa pasar AgencyChina, Michael Norris, menjelaskan jika sekarang industri aplikasi streaming musik memang tengah berlomba-lomba untuk mengantongi pemakai aktif di negara berkembang.

Tanah Subur, Pulau Jawa Jadi Daerah Berkembangbiak Ular Kobra

Menurut dia beberapa pengembang aplikasi streaming musik seperti Spotify, Apple Music, sampai Resso, sekarang masih hadapi masalah untuk memonetisasi usaha itu. Terutamanya pada pemakai yang peka pada harga serta mereka yang pendapatannya rendah. “Sekarang ialah perlombaan untuk pemakai aktif di negara berkembang. Kenyataan komersial akan dikesampingkan, minimal untuk sekarang,” papar Norris.

Sekarang aplikasi Resso juga ada di Google Play Store serta App Store di Indonesia serta India. Diambil KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (13/12/2019), saat dikeluarkan pada enam bulan waktu lalu, aplikasi Resso ini sudah kumpulkan lebih dari 27 ribu pemakai.

Sama dengan Spotify, pemakai dapat juga memakai aplikasi Resso dengan gratis tetapi dengan feature yang terbatas. Untuk memperoleh account premium, pemakai harus berlangganan dengan biaya sebesar 119 rupee atau seputar Rp 24.000. Feature yang didapatkan diantaranya, bebas memutar lagu, mengambil lagu, serta tidak iklan.

Untuk masalah lisensi dari cap musik, sekarang Resso baru memperoleh lisensi dari cap India seperti T-Series serta Times Music. Tetapi beritanya faksi perusahaan masih berupaya perbanyak jumlahnya lagu yang ada pada aplikasi dengan dekati beberapa cap musik terkenal seperti Warner Music Grup, Universal Music Grup, serta Sony Music Entertainment.

2 thoughts on “Resso, Aplikasi streaming Musik Selain Spotify, Apple Music, Youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *